Minggu, 19 Februari 2012

Aturan Fashion Buat Cowok



Kemeja yang nggak fit.
Kemeja longgar bikin cowok jadi keliatan nggak rapi banget. Kalo bentuk tubuh kamu bikin kamu kesusahan nyari baju yang pas dengan badan kamu, berarti kamu perlu bersahabat sama tukang jahit. Kemeja yang pas juga bakal nunjukin image yang lebih baik.


Pake dasi di baju lengan pendek.
Kalo kamu nggak kerja di restn fast food dimana lengan panjang kamu bakal kotor waktu bikin sandwich, sebaiknya jangan pake dasi dengan baju lengan pendek. Karena secara umum paduan dasi dan kemeja lengan pendek secara umum diartikan sebagai pakaian lower class. Nggak ada boss yang pake lengan pendek kan? Nah, kalo kepingin terlihat profesional dan confident, pake dasi dengan kemeja lengan panjang.

Sepatu kotor.
Banyak banget cowok yang nggak memperhatikan kebersihan sepatunya. Seorang cowok yang stylish selalu memperhatikan kebersihan sepatunya seperti dia memperhatikan kebersihan bajunya. Jadi jangan biarkan bekas goresan dan kotoran menempel di sepatu kamu. Jangan lupa semir sepatu secara rutin.


Sepatu berkerut.
Nggak cuman pembalut wanita aja yang bisa berkerut. Jadi sediakan 2 pasang sepatu untuk aktivitas kamu supaya sepatu kamu nggak cepet berkerut gara-gara keseringan dipake. Sepatu berkerut secara nggak langsung mencerminkan kalo pemiliknya males ngerawat sepatu.

Panjang celana yang nggak pas.
Jangan melipat jeans atau celana bahan kamu kecuali lagi ngetrend celana lipat. Panjang celana yang pas adalah menutupi tumit sepatu tapi nggak sampai menyapu lantai. Jangan biarkan ujung belakang celana kamu terlihat lusuh. Jangan kependekan juga kecuali lagi musim banjir atau fans berat Jojon...

Warna kaus kaki yang salah. Bro,
sesuaikan warna kaus kaki kamu dengan warna celana. Bukan dengan warna sepatu. Kalo pake celana biru navy dengan sepatu hitam, pakai kaus kaki warna biru navy. Kalo pake celana yang berwarna terang, pastikan kaus kaki kamu lebih gelap dari celana kamu tapi lebih cerah ketimbang warna sepatu kamu. Paling aman pake kaus kaki abu abu deh. Stop pake kaus kaki putih kecuali kamu emang niat dandan ala Michael Jackson....Auw!


Warna sabuk yang salah.
Kalo kamu pake sepatu formal, usahakan warna sabuk kamu senada dengan warna sepatu. Finishing sabuk kamu juga perlu disesuaikan dengan sepatu kamu. Kalo sepatu kamu shiny, sabuk kamu kudu shiny juga. Kalo pake sepatu kasual, pake sabuk kasual yang warna dan bahannya senada juga. Jangan pake sabuk formal.


Panjang dasi yang nggak pas.
Ujung dasi cowok harus berakhir pada tengah-tengah gesper sabuk. Jangan kependekan kecuali kamu ngefans banget sama The Flinstones dan jangan kepanjangan juga. Dasi yang kependekan or kepanjangan cuman bikin kamu terlihat incompetent.
Nggak bisa pakai dasi. Cowok yang profesional harus bisa pakai dasi sendiri.

Dikancing semua.
Kalo kamu pake jas 2 kancing, cukup kancing atas aja yang disematkan. Nggak perlu semuanya. Kalo jas 3 kancing, cukup kancing pertama atau ke dua, atau pertama dan kedua yang disematkan. Ini tradisi yang berlaku turun temurun sejak jaman Nabi Musa. Dan yang pasti dengan begitu kamu bakal terlihat smart dan tidak kaku.


Paduan kaus kaki dan sandal.
Kalo kamu pake kaus kaki dan sandal, kamu bakal ngerasa sexy apa enggak? OK, case closed.

Pakaian gambar kartun.
Kecuali kamu kerja di Disneyland, jangan pake baju, t-shirt, or dasi yang bergambar kartun karena itu cuman mencerminkan masa kecil kamu yang kurang bahagia dengan terlambat mengenal kartun. O iya, hindari juga gesper sabuk yang bertema kartun or game. Grow up, man!

Kaus kaki yang kurang panjang.
Kalo kamu lagi pake celana panjang, pastikan waktu kamu duduk kamu nggak pamer bulu kaki. Nggak keren banget, sob! Jadi pilih kaus kaki yang panjang sehingga waktu kamu duduk, nggak bikin orang laen ilfil.


Pakai warna yang salah.
Penting banget buat cocokin warna baju dengan warna kulit kamu. Kamu pengen orang ngeliat kamu kan? Bukan ngeliat warna baju kamu aja. Kalo kulit kamu gelap, kamu bisa pakai baju berwarna gelap atau cerah yang cocok dengan kulit kamu. Kalo kulit kamu terang, kamu bisa lebih bebas memilih warna, tapi usahakan pilih warna yang soft dan nggak norak.


Pakaian kusut.
Usahakan baju kamu tidak kusut kecuali kamu cuman punya satu baju itu aja, jadi kamu tidur pun juga pake baju itu. Celana juga jangan kusut kecuali modelnya emang gitu. Kan ada tuh jeans yang modelnya emang kusut. Biasakan juga untuk menggantung baju, bukan dilempar gitu aja di lantai or di atas kasur setelah dipakai.

Dasi yang salah.
Kalo kamu pake dasi untuk acara kasual, pilih yang slim, jangan yang lebar. Dasi yang slim terlihat lebih stylish. Kalo kamu kurus pun lebih baik pakai dasi yang slim supaya tubuh kamu nggak habis ketutupan dasi lebar kamu.

Pakai terlalu banyak warna.
K`lo kamu bukan salah satu anggota personel RAN tau sedang memerankan tokoh Gusti di sitkom OB, batasi warna pakaian yang kamu pakai cukup dengan 3 warna. Kamu bisa pakai warna yang berlawanan seperti hitam dan putih, atau warna yang berdekatan seperti krem atau khaki dan coklat.

Pakai tas punggung dengan baju formal.
OK, backpack emang lebih praktis....tapi nggak matching. Backpack kesannya kasual, sangat kontras dengan baju formal kamu. Lebih baik pake tas model messenger bag supaya tetap terlihat profesional.

Model rambut yang nggak cocok.
Rambut juga bisa mencerminkan image diri kamu. Coba liat majalah or cowok – cowok disekeliling kamu dan mulai pikirkan model rambut yang oke. Jangan pernah meniru model rambut Radja band or Kangen band. Cukup mereka aja yang membuat kesalahan. Model mohawk atau gundul bakal terlihat sexy untuk sebagian besar cowok. Kalo kamu kerja di bidang desain, kamu boleh experimen lebih luas.

Cologne berlebihan.
Kalo cewek baru bisa cium bau cologne kamu ketika dia berada sangat dekat, itu bagus. Jadi ada alasan buat dia untuk tetep deket sama kamu. Kalo cewek bisa cium cologne kamu dari jarak 1 meter, buat apa lebih deket lagi? Cukup semprotkan cologne 2 kali di tubuh kamu, satu di leher dan satu lagi di pergelangan tangan.

Terlalu banyak asesori.
Cowok cuma butuh 2 macam asesori, yaitu jam tangan dan cincin pernikahan kalo udah menikah. Kalo kamu bukan rockstar or hip-hop bling-bling rapper or fans berat Tessy Srimulat, jangan pake banyak cincin dan kalung. Batasin diri kamu dengan 3 asesori aja.

Nutupin botak.
Nggak perlu nutupin area botak di kepala kamu dengan sisiran rambut kamu. Itu malah bikin kamu terlihat konyol. Biarin gitu aja or kamu gundulin sekalian kepala kamu. Itu bakal membuat kamu terlihat lebih sehat.

Celana training.
Kalo kamu nggak lagi nge-gym or ikutan acara jalan sehat, jangan jalan-jalan pake celana training. Kamu bakal terlihat males membersihkan badan dan orang jadi kurang respect sama kamu.

Branding kronis.
Hindarin pake pakaian yang banyak memperlihatkan merk-nya. Emangnya kamu mau jadi papan iklan berjalan? Jangan mau jadi media iklan gratisan. Masa udah bayar mahal masih jadi papan iklannya juga?

Memasukkan T-shirt. 
Memasukkan Polo shirt masih bisa diterima, tapi t-shirt seharusnya kasual. Kalo t-shirt kamu kepanjangan, itu berarti kebesaran. So, jangan pernah memasukkan t-shirt ke dalam celana kecuali kamu emang cinta mati sama Jojon.


Memasang ponsel di sabuk.
C'mon....ini ponsel, bukan pistol. Jadi masukkan dalam saku. Memasang ponsel di sabuk bakal bikin pinggang kamu terlihat lebih lebar dan kamu bakal terlihat seperti om om. Sungguh terlalu amat sangat tidak fashionable sekali!

Sepatu berujung kotak & lebar.
Sepatu ini memang populer di akhir tahun 90an. Sekarang udah tahun 2009. Sepertinya tren yang satu ini nggak bakal terulang. Jadi pilih sepatu yang lebih slim.

Terlalu banyak tulisan & pola.
 Hindari memadukan pakaian yang banyak pola-nya. Jadi kalo kamu pakai baju bergaris, lebih baik pakai dasi polos. Maksimal 2 pola aja deh. Kalo kamu pake dasi bergaris, trus baju kotak-kotak, dan jas bergaris pula, kamu bakal terlihat sangat sibuk. T-shirt juga jangan yang banyak tulisannya, kecuali kamu dapet endorsement dari JOGER.

Style yang nggak sesuai.
Jangan padukan kacamata sporty Oakley dengan blazer, atau celana kargo dengan kemeja formal, atau celana formal dengan sepatu kets atau sepatu sport. Sekali – sekali jadi orang yang konsisten dalam hal fesyen.

Saku penuh.
Banyak cowok jalan-jalan dengan saku yang terlihat menonjol. Jadinya terlihat berat. Kalo dompet kamu bikin saku kamu terlihat menonjol, keluarkan benda benda yang nggak terlalu penting dari dalam dompet dan letakkan di laci rumah. Cari dompet yang lebih slim.

Kuku kotor.
Banyak cowok yang nggak perhatian dengan kukunya sehingga terlihat kotor dan tidak terawat. Kalau kamu kerja di luar ruangan, gunakan glove dan gunakan lotion sebelum tidur malam. Jaga kuku kamu terlihat bersih dan tidak retak-retak.

Rambut wajah yang terawat.
Rambut di wajah kamu harus terawat biar enak dilihat karena wajah adalah hal pertama yang dilihat orang. Entah kamu suka yang bersih tanpa kumis dan jenggot atau suka jenggot rapi, tapi pastikan tidak ada rambut di area bawah dagu atau di area atas leher. Bang Rhoma aja masih ngeraipiin jenggotnya. Masa kamu enggak?

Rambut di leher belakang.
Rambut di belakang leher juga perlu dirapikan. Kalo kamu nggak sering-sering potong rambut, paling tidak kamu harus merapikan rambut di leher belakang kamu biar telihat tetap rapi.

Pakai sandal di luar kolam renang atau pantai. 
Sandal cuman buat ke tempat yang kena air aja deh. Kalo baut jalan-jalan santai mending pake driving moccasins. Driving moccasins biasanya berbahan kulit dan sole nya dari karet, bikin kamu terlihat lebih elegan tapi masih tetep santai. Pakai driving mocassins tanpa kaus kaki dan padukan dengan celana pendek cotton. Driving moccasins warna dark brown paling gampang untuk dipadu-padankan.

Tidak memasukkan kemeja formal.
Kalo kemeja kamu cukup panjang untuk nutupin pantat kamu, berarti kemeja kamu kudu dimasukin. Kemeja itu dibuat panjang supaya kalo kamu duduk, kemeja kamu nggak sampe ketarik keluar. Kalo kamu nggak suka masukin kemeja, pastiin kemeja kamu panjangnya hanya sampe di atas bagian tengah pantat. Jadi masih enak dilihat.

Jadi fashion victim.
Hindari pake pakaian cuman gara-gara lagi ngetren dan sebenernya sih nggak cocok sama kamu. Nggak ada salahnya ngikutin mode atau nyobain sesuatu yang baru asal nggak bikin kamu terus-terusan beli baju model terbaru. Lebih baik kamu tentuin style kamu sendiri itu seperti apa. Style yang loe banget!

Undershirt adalah undershirt.
Undershirt gunanya buat menyerap keringat, kotoran, dan miyak di tubuh supaya nggak nempel pada kemeja. Namanya juga udah cukup menjelaskan posisinya. So...jangan sekali-sekali keluar rumah cuman pake undershirt walaupun bodi kamu 11 12 ama Ade Rai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar